TUGAS POKOK DAN
FUNGSI
Perangkat Sekolah
Sekolah sebagai
lembaga pendidikan sudah tentu dituntut profesionalisme yang tinggi atas
seluruh kinerja perangkat sekolah yang ada. Rambu-rambu yang diberikan sebagai
petunjuk pelaksanaan tugas dimaksudkan untuk memudahkan seluruh perangkat
sekolah dalam memainkan perannya sesuai tanggungjawab masing-masing bagian,
sehingga tidak terjadi overtaking atas bidang pekerjaan yang bukan masuk
dalam wilayah tugasnya. Dengan cara demikian fungsi kontrol juga akan menjadi
lebih mudah, sebab Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) dapat sekaligus digunakan
sebagai salah satu komponen barometer penilaian kinerja yang bersangkutan.
I.
TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH
Kepala Sekolah sesuai
dengan lima (5) kompetensi yang harus dimiliki, yakni: (1) Kepribadian, (2)
Kewirausahaan, (3) Manajerial, (Supervisi), dan (5) Sosial, berkewajiban
memikul tanggungjawab mengelola penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan
pembelajaran di sekolah. Secara lebih operasional tugas pokok kepala sekolah
mencakup kegiatan menggali dan mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah
secara terpadu dalam kerangka pencapaian tujuan sekolah secara efektif dan
efisien.
FUNGSI
1.Pendidik
Sebagai pendidik,
kepala sekolah melaksanakan kegiatan perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi
pembelajaran. Kegiatan perencanaan menuntut kapabilitas dalam menyusun
perangkat-perangkat pembelajaran; kegiatan pengelolaan mengharuskan kemampuan
memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien; dan
kegiatan mengevaluasi mencerminkan kapabilitas dalam memilih metode evaluasi
yang tepat dan dalam memberikan tindak lanjut yang diperlukan terutama bagi
perbaikan pembelajaran. Sebagai pendidik, kepala sekolah juga berfungsi
membimbing siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya.
2.Pemimpin
Sebagai pemimpin,
kepala sekolah berfungsi menggerakkan semua potensi sekolah, khususnya tenaga
guru dan tenaga kependidikan bagi pencapaian tujuan sekolah. Dalam upaya
menggerakkan potensi tersebut, kepala sekolah dituntut menerapkan
prinsip-prinsip dan metode-metode kepemimpinan yang sesuai dengan mengedepankan
keteladanan, pemotivasian, dan pemberdayaan staf.
3.Pengelola
(manajer).
Sebagai pengelola,
kepala sekolah secara operasional melaksanakan pengelolaan kurikulum, peserta
didik, ketenagaan, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah-masyarakat,
dan ketatausahaan sekolah. Semua kegiatan-kegiatan operasional tersebut
dilakukan melalui oleh seperangkat prosedur kerja berikut: perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Berdasarkan tantangan yang dihadapi
sekolah, maka sebagai pemimpin, kepala sekolah melaksanakan
pendekatan-pendekatan baru dalam rangka meningkatkan kapasitas sekolah.
4.Administrator.
Dalam pengertian yang
luas, kepala sekolah merupakan pengambil kebijakan tertinggi di sekolahnya. Sebagai
pengambil kebijakan, kepala sekolah melakukan analisis lingkungan (politik,
ekonomi, dan sosial-budaya) secara cermat dan menyusun strategi dalam melakukan
perubahan dan perbaikan sekolahnya. Dalam pengertian yang sempit, kepala
sekolah merupakan penanggung-jawab kegiatan administrasi ketatausahaan sekolah
dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
5.Wirausahawan.
Sebagai wirausahawan,
kepala sekolah berfungsi sebagai inspirator bagi munculnya ide-ide kreatif dan
inovatif dalam mengelola sekolah. Ide-ide kreatif diperlukan terutama karena
sekolah memiliki keterbatasan sumber daya keuangan dan pada saat yang sama
memiliki kelebihan dari sisi potensi baik internal maupun lingkungan, terutama
yang bersumber dari masyarakat maupun dari pemerintah setempat.
6. Pencipta Iklim
Kerja.
Sebagai pencipta iklim
kerja, kepala sekolah berfungsi sebagai katalisator bagi meningkatnya semangat
kerja guru. Kepala sekolah perlu mendorong guru dan tenaga kependidikan lainnya
dalam bekerja di bawah atmosfir kerja yang sehat. Atmosfir kerja yang sehat
memberikan dorongan bagi semua staf untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan
sekolah.
7. Penyelia
(Supervisor).
Berkaitan dengan
fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pengajaran, kepala sekolah berfungsi
melakukan pembinaan professional kepada guru dan tenaga kependidikan. Untuk itu
kepala sekolah melakukan kegiatan-kegiatan pemantauan atau observasi kelas,
melakukan pertemuan-pertemuan guna memberikan pengarahan teknis kepada guru dan
staf memberikan solusi bagi permasalahan pembelajaran yang dialami guru.
Dalam mengaplikasikan
fungsinya sebagai Edukator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader,
Inovator dan Motivator (EMASLIM), maka Kepala Sekolah berkewajiban melaksanakan
tugas-tugas pokoknya sebagai berikut:
A. Selaku
Edukator bertugas:
Melaksanakan proses
pengajaran secara efektif dan efisien.
B. Selaku
Manajer bertugas:
1.
Menyusun perencanaan (Rencana Kerja Sekolah dan Rencana Kegiatan & Anggaran
Sekolah)
2.
Mengorganisasikan kegiatan
3.
Mengarahkan/mengendalikan kegiatan
4.
Mengkoordinasikan kegiatan
5.
Melaksanakan pengawasan
6.
Menentukan kebijaksanaan
7.
Mengadakan rapat mengambil keputusan
8.
Mengatur proses belajar mengajar
9.
Mengatur administrasi Ketatausahaan, Kesiswaan, Ketenagaan, Sarana prasarana,
Keuangan
C. Selaku
Administrator bertugas mengelola:
1.
Perencanaan
2.
Pengorganisasian
3.
Pengarahan dan pengendalian
4.
Pengkoordinasian
5.
Pengawasan
6.
Evaluasi
7.
Kurikulum
8.
Kesiswaan
9.
Ketatausahaan
10. Ketenagaan
11. Kantor
12. Keuangan
13. Perpustakaan
14. Laboratorium
15. Ruang
keterampilan – kesenian
16. Bimbingan
konseling
17. UKS
18. OSIS
19. Serbaguna
20. Media
pembelajaran
21. Gudang
22. 7K
23. Sarana /
prasarana dan perlengkapan lainnya
D. Selaku
Supervisor bertugas melakukan supervisi terhadap:
1.
Proses belajar mengajar
2.
Kegiatan bimbingan
3.
Kegiatan ekstrakulikuler
4.
Kegiatan kerja sama dengan masyarakat / instansi lain
5.
Kegiatan ketatausahaan
6.
Sarana dan prasarana
7.
Kegiatan OSIS
8.
Kegiatan 7K
9.
Perpustakaan
10. Laboratorium
11. Kantin /
warung sekolah
12. Koperasi
sekolah
13. Kehadiran
guru, pegawai, dan siswa
II. TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA
SEKOLAH SECARA UMUM
1. Membantu tugas
Kepala Sekolah sesuai dengan tugas bidangnya
2. Mewakili Kepala Sekolah bila berhalangan
2. Mewakili Kepala Sekolah bila berhalangan
2.1 TUGAS
POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG
KURIKULUM
1)
Menyusun program pengajaran (Program Tahunan dan Semester)
2)
Menyusun Kalender Pendidikan
3)
Menyusun SK pembagian tugas mengajar guru dan tugas tambahan lainnya
4)
Menyusun jadwal pelajaran
5)
Menyusun Program dan jadwal Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah/Nasional
6)
Menyusun kriteria dan persyaratan siswa untuk naik kelas/tidak, serta
lulus/tidak siswa yang mengikuti ujian
7)
Menyusun jadwal penerimaan buku laporan pendidikan (Raport) dan penerimaan
STTB/Ijasah dan STK
8)
Menyediakan silabus seluruh mata pelajaran dan contoh format RPP
9)
Menyediakan agenda kelas, agenda piket, surat izin masuk/keluar, agenda guru
(yang berisi: jadwal pelajaran, kontrak belajar dengan siswa, absensi siswa,
form catatan pertemuan dan materi guru, daftar nilai, dan form home visit)
10) Penyusunan program
KBM dan analisis mata pelajaran
11) Menyediakan
dan memeriksa daftar hadir guru
12) Memeriksa
program satuan pembelajaran guru
13) Mengatasi hambatan
terhadap KBM
14) Mengatur
penyediaan kelengkapan sarana guru dalam KBM (kapur tulis, spidol dan isi
tintanya, penghapus papan tulis, daftar absensi siswa, daftar nilai siswa,
dsb.)
15)
Mengkoordinasikan pelaksanaan KBM dan laporan pelaksanaan KBM
16)
Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan Pelajaran
17) Menyusun
laporan pelaksanaan pelajaran secara berkala
Berbagai macam
administrasi yang menjadi tugas dan tanggungjawab bidang kurikulum:
Administrasi
Kurikulum
§ Kalender Pendidikan
§ Buku Kurikulum (1 –
2) / GBPP
§ Buku Pedoman Program
Pembelajaran
§ Buku Pedoman
Penilaian
§ Buku Pedoman
Analisis Hasil Evaluasi Belajar
§ Buku Pedoman
Analisis Butir Soal
§ Membuat Surat
Keputusan Pembagian Tugas dan Jadwal Pelajaran
§ Membuat Surat
Keputusan Panitian Ulangan dan Ujian
§ Melakukan
Pengarsipan Naskah Soal :
§ Ulangan Harian
§ Semester
§ Ujian Nasional
§ Membuat Daftar Nilai
Siswa
§ Membuat Daftar Hadir
Siswa
§ Membuat Rekapitulasi
Nilai Semester / Ujian Nasioanl
§ Membuat Leger Nilai
§ Membuat Grafik
Ketuntasan Hasil Belajar
§ Membuat Grafik Daya
Serap
§ Membuat Grafik
Target Kurikulum
§ Membuat Grafik Hasil
Ujian Nasional
§ Daftar
Keterlaksanaan Kurikulum Nasional/KTSP
§ Catatan Daya Serap
Kurikulum Nasional/KTSP
§ Daftar
Keterlaksanaan Kurikulum Mulok
§ Daya Serap Kurikulum
Mulok
Administrasi
Pendukung KBM meliputi setidaknya :
1. Daftar Pelajaran
2. Daftar Piket
3. Daftar Kehadiran Siswa
4. Grafik Absen Siswa
5. Papan Absen Siswa
6. Buku Inventaris Kelas
7. Buku Kemajuan Kelas / Daftar Kelas
8. Notulen Rapat
9. Buku Tamu (khusus orangtua)
10. Buku Petunjuk Nasehat
11. Tata Tertib Siswa
12. Denah Kelas
13. Daftar Kebersihan dan Kerapian Kelas (8 K)
14. Buku Penerimaan Rapot
1. Daftar Pelajaran
2. Daftar Piket
3. Daftar Kehadiran Siswa
4. Grafik Absen Siswa
5. Papan Absen Siswa
6. Buku Inventaris Kelas
7. Buku Kemajuan Kelas / Daftar Kelas
8. Notulen Rapat
9. Buku Tamu (khusus orangtua)
10. Buku Petunjuk Nasehat
11. Tata Tertib Siswa
12. Denah Kelas
13. Daftar Kebersihan dan Kerapian Kelas (8 K)
14. Buku Penerimaan Rapot
Perangkat
Pembelajaran dan Keterlaksanaannya meliputi setidaknya :
1. Ketersediaan Kurikulum Nasional/KTSP
2. Ketelaksanaan Kurikulum Nasional/KTSP
3. Daya Serap Kurikulum Nasional
4. Ketersediaan Kurikulum Mulok
5. Keterlaksanaan Kurikulum Mulok
6. Daya Serap Kurikulum Mulok
7. Daftar Koleksi Alat Peraga
8. Kalender Pendidikan
9. Program Semester
10. Batas Pelajaran
11. Kisi-Kisi dan Soal Tes
12. Daftar Nilai Harian
13. Buku Analisis Hasil Tes
14. Buku Perbaikan Dan Pengayaan
1. Ketersediaan Kurikulum Nasional/KTSP
2. Ketelaksanaan Kurikulum Nasional/KTSP
3. Daya Serap Kurikulum Nasional
4. Ketersediaan Kurikulum Mulok
5. Keterlaksanaan Kurikulum Mulok
6. Daya Serap Kurikulum Mulok
7. Daftar Koleksi Alat Peraga
8. Kalender Pendidikan
9. Program Semester
10. Batas Pelajaran
11. Kisi-Kisi dan Soal Tes
12. Daftar Nilai Harian
13. Buku Analisis Hasil Tes
14. Buku Perbaikan Dan Pengayaan
2.2 TUGAS
POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG
KESISWAAN
1)
Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS
2)
Menegakkan Tata Tertib Sekolah
3)
Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam
rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
4)
Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban,
Kerindangan, keindahan, dan kekeluargaan(6K)
5)
Memberi pengarahan dan penilaian dalam pemilihan pengurus OSIS
6)
Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
7)
Bekerjasama dengan para pembina kegiatan kesiswaan dalam menyusun program dan
jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
8)
Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerimaan siswa
baru.
9)
Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar
sekolah.
10) Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
11) Mengatur
dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua murid
12) Melaksanakan
pemilihan calon siswa teladan dan siswa penerima beasiswa
Administrasi
Kesiswaan
1. Buku Penerimaan Peserta Didik Baru
2. Daftar Angka Pendaftaran Siswa
3. Daftar Kenaikan Kelas
4. Daftar Angka Mengulang (AM)
5. Daftar Angka Putus Sekolah (APS)
6. Daftar Prosentase Kelulusan
7. Grafik Penerimaan Siswa Baru
8. Grafik Peserta US/UN
9. Grafik Jumlah Siswa
10. Buku Absen Umum Siswa
11. Daftar Tingkat Kehadiran Siswa
12. Program dan Kegiatan Pramuka
13. Program dan Kegiatan Keagamaan
14. Program dan Kegiatan Olah Raga Prestasi
15. Program dan Pelayanan UKS
16. Program dan Pelayanan Perpustakaan
17. Program OSIS
1. Buku Penerimaan Peserta Didik Baru
2. Daftar Angka Pendaftaran Siswa
3. Daftar Kenaikan Kelas
4. Daftar Angka Mengulang (AM)
5. Daftar Angka Putus Sekolah (APS)
6. Daftar Prosentase Kelulusan
7. Grafik Penerimaan Siswa Baru
8. Grafik Peserta US/UN
9. Grafik Jumlah Siswa
10. Buku Absen Umum Siswa
11. Daftar Tingkat Kehadiran Siswa
12. Program dan Kegiatan Pramuka
13. Program dan Kegiatan Keagamaan
14. Program dan Kegiatan Olah Raga Prestasi
15. Program dan Pelayanan UKS
16. Program dan Pelayanan Perpustakaan
17. Program OSIS
2.3 TUGAS
POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG
SARANA DAN PRASARANA
1.
Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana
2.
Inventaris barang-barang
3.
Pengelolaan biaya pemeliharaan sarana dan prasarana
4.
Inventaris kebutuhan guru dalam KBM/PBM
5.
Pendayagunaan sarana/ prasarana termasuk mendistribusikan alat-alat kebutuhan
KBM guru dan siswa
6.
Memelihara dan mengamankan sarana / prasarana termasuk mendistribusikan
(pengamanan,penghapusannya serta pengembangannya)
7.
Mengelola dan mengadakan koordinasi dalam hal pengadaan sarana/ prasarana
dengan bagian/bidang yang ada hubungannya dengan pendanaan/ keuangan
8.
Mengadministrasikan pendayagunaan sarana prasarana
9.
Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkal
10. Menerima
laporan dari wali kelas tentang keadaan sarana di kelas dan melakukan
koordinasi dengan pihak sekolah
11. Menyiapkan
sarana prasarana untuk kegiatan sekolah baik rutin maupun insidental
12. Kreatif dan
inovatif terhadap pengembangan dan pengadaan sarana dan prasarana
Administrasi
Sarana Prasarana
1. Buku
Inventaris
2. Buku
Berita Acara Penghapusan/Serah Terima Barang
3. Papan
Visi, Misi dan Moto
4.
Papan NSS Dan Akreditasi
5. Papan
Nama Sekolah
6.
Papan Nama Kantor, Kelas , Perpustakaan, Lab., WC, dll
7. Kartu
Inventaris Ruangan
8. Surat
Kepemilikan Lahan (Sertifikat Tanah)
9.
Ketersediaan Bangunan / Ruangan
10. Daftar Peralatan /
Labor / Media
11. Daftar Buku Teks
Berbanding Siswa
12. Daftar Peralatan
Sarana Olah Raga
2.4 TUGAS
POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG
HUMAS
1.
Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua / wali siswa
2.
Membina hubungan antara sekolah dengan Komite Sekolah
3.
Menjalin hubungan dengan warga besar sekolah
4.
Menjalin hubungan dengan masyarakat luar / masyarakat sekitar
5.
Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala
6.
Membina pengembangan hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar Lembaga
pemerintah, dunia usaha dan lembaga-lembaga social
7.
Membantu Komite Sekolah dalam hal pengelolan sumber daya dana yang dikumpulkan
Komite Sekolah
8.
Menyelenggarakan/mengkoordinir pelaksanaan upacara hari Nasional baik disekolah
maupun diluar sekolah dengan urusan kesiswaan
9. Aktif
membantu wali kelas dan guru BK dalam menangani kasus-kasus masalah siswa
diluar
10. Melaksanakan tugas
pengawasan harian/piket secara bergiliran
11. Mengadakan
koordinasi dalam pelaksanaan tugas dengan semua guru, wali kelas
12. Menyusun jadwal
giliran guru/orang yang ditunjuk Pembina upacara setiap hari senin
Administrasi
Kehumasan :
1.
Membuat Jurnal Kegiatan Sekolah dengan Masyarakat, Lembaga, Instansi
Pemerintah/Swasta dan lain – lain.
2.
Membuat Koleksi Foto Kegiatan Sekolah
3.
Penanggung Jawab Kegiatan diluar Sekolah
4.
Mengunjungi Rumah Siswa yang dianggap perlu
5.
Memonitor Kegiatan Siswa diluar sekolah
6.
Melakukan Koordinasi dengan Komite Sekolah dan lain – lain.
3. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI KOORDINATOR BP / BK
1) Menyusun program dan melaksanakan kegiatan
bimbingan terhadap siswa
2) Membantu
guru dan wali kelas dalam menghadapi kasus anak
3) Membuat kartu pribadi siswa yang berisi tentang
catatan-catatan keadaan siswa
4) Membuat
program bimbingan psikologi
5) Menyusun
dan mengarsip data kasus murid (konseling)
6)
Memberikan penjelasan bersama dengan Kepala Sekolah tentang program dan tujuan
bimbingan kepada Wali Murid
7) Membantu
Wali Murid dalam memberikan layanan psikolog tentang perkembangan
putra-putrinya
8)
Koordinasi dengan Wali Kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa
tentang kesulitan belajar.
9)
Melaksanakan koordinasi dengan wali kelas dan guru dalam menilai siswa bila
terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa.
10)
Memberikan layanan bimbingan
kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.
11)
Menginventarisir masalah-masalah
siswa sekaligus membantu memecahkan masalah tersebut bekerja sama dengan Wali
Kelas
12)
Penyusunan dan pemberian saran serta pertimbangan pemilihan jurusan
13) Memberikan
saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan
pendidikan dan lapangan pekerjaan
14) Mengadakan
penilaian pelaksanaan BP/BK
15) Memegang rahasia
kepada umum terhadap kasus siswa yang telah dikonseling untuk menjaga harkat
dan martabat siswa yang bersangkutan
16)
Menangani/memproses siswa yang terlambat datang ke sekolah sekaligus memberikan
tugas kepada siswa tersebut yang bersifat mendidik bekerja sama dengan Wakasek
dan Guru Piket
17) Membuat surat
pemanggilan kepada orangtua/ wali siswa bagi siswa yang bermasalah
18) Melaksanakan
home visit kepada siswa/orang tua siswa yang bermasalah setelah
ditangani oleh wali kelas melalui home visit sebelumnya dan tidak ada perubahan
19) Menyusun
statistik hasil penilaian BP/BK
20)
Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
21) Menyusun dan
memberikan laporan pelaksanaan BK kepada Kepala Sekolah secara berkala
4. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI PEMBINA KESISWAAN
1)
Berkoordinasi dengan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dalam menyusun program kerja
kegiatan
2) Memberikan
salinan program kerja yang sudah dibuat kepada :
2.1 Waka.
Bidang Kesiswaan
2.2 Tata
Usaha Urusan kesiswaan sebagai arsip
3) Membina
siswa dalam proses berfikir menuju ke arah kedewasaan yang sesuai dengan
program dan bidang masing-masing
4) Membantu
siswa dalam melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan minat,
bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik
5. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI WALI KELAS
Wali kelas
membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
1)
Pengelolaan kelas
2)
Menyelenggarakan administrasi kelas meliputi :
2.1. Denah tempat
duduk
2.2. Papan absen
2.3. Daftar pelajaran
2.4. Daftar piket kelas
2.5. Buku absen siswa
2.6. Buku kegiatan pembelajaran / jurnal
2.7. Tata tertib
2.2. Papan absen
2.3. Daftar pelajaran
2.4. Daftar piket kelas
2.5. Buku absen siswa
2.6. Buku kegiatan pembelajaran / jurnal
2.7. Tata tertib
3)
Menyusun pembuatan statistik bulanan (absen)
4)
Mengisi Leger
5)
Membuat catatan khusus
6)
Mengisi hasil nilai/hasil belajar siswa ke buku DKN
7)
Mengisi dan membagi rapor
8)
Membina siswa binaan didiknya dengan sebaik-baiknya
9)
Membantu kelancaran proses belajar mengajar siswa di kelasnya.
10) Mengetahui
identitas, nama dan jumlah siswa di kelasnya.
11) Mengetahui,
memahami dan mengambil tindakan-tindakan yang berkaitan dengan masalah-masalah
yang timbul di kelasnya.
12) Melakukan
home visit terhadap siswa yang bermasalah dan melaporkan perkembangannya kepada
guru BP.
13)
Bekerja sama dengan guru
BP dalam memecahkan masalah yang dihadapi siswa dan apabila dipandang perlu
mengadakan hubungan dengan orangtua/wali murid dalam rangka pembinaan siswa
kelasnya.
14) Melaksanakan
tugas penilaian kognitif, psikomotor dan afektif siswa terutama terhadap budi
pekerti, kelakuan dan kerajinan siswa di kelasnya.
15) Mengawasi,
memonitor serta menyampaikan laporan kepada Kepala Sekolah secara berkala
melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan mengenai pembinaan kelasnya (2 bl.
sekali).
16) Turut
bertanggung jawab dalam kelancaran pelaksanaan Upacara Bendera.
17) Koordinasi
dengan Waka. Bidang Kesiswaan, Tata Usaha Urusan kesiswaan, BP, untuk siswa
pindahan/mutasi karena sesuatu dan lain hal (ketidak hadiran) prestasi rendah
dan lain-lain.
6. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI GURU PIKET
1)
Hadir 10 menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai dan membunyikan bel tanda
masuk tepat pukul 07.10 WIB.
2)
Mengisi buku piket
3)
Memeriksa pakaian seragam siswa dan kerapihannya sebelum masuk pintu gerbang
sekolah.
4)
Menutup pintu gerbang tepat pukul 07.20 WIB, melalui bagian keamanan.
5)
Memberikan tugas kepada siswa apabila ada guru yang berhalangan hadir karena
sesuatu dan lain hal
6) Meningkatkan
dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, Kerindangan,
keindahan, dan kekeluargaan (6K).
7)
Mengadakan pendataan/mengisi buku piket sesuai dengan hari tugasnya.
8)
Mencatat siswa yang masuk terlambat dan memberikan surat ijin masuk apabila
masih sesuai dengan tata tertib
9)
Mengawasi berlakunya tata tertib siswa-siswi, secara langsung pada waktu jam
pelajaran berlangsung dan berkeliling ke kelas-kelas untuk mendata kehadiran
siswa pada hari itu
10) Bertanggung
jawab atas pelaksanaan dan tertibnya upacara bendera bagi yang tugas piket pada
hari Senin/peringatan hari-hari nasional.
11) Melaporkan
kejadian yang bersifat khusus kepada guru BP/BK, Wakil Kepala Sekolah Bidang
Kesiswaan untuk diproses dan diselesaikan bersama-sama dengan wali kelas.
12) Memberikan
izin kepada siswa untuk meninggalkan sekolah setelah memperoleh izin dari guru
kelas secara tertulis.
7. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI GURU SECARA UMUM
1 ) Membuat
program pengajaran :
1.1 Analisa materi pelajaran (AMP)
1.2 Program Tahunan (Prota)
1.1 Analisa materi pelajaran (AMP)
1.2 Program Tahunan (Prota)
1.3 Program
Semester (Promes)
1.3 Program Satuan Pelajaran (PSP)
1.4 Program Rencana Pengajaran (RPP)
1.5 Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
1.3 Program Satuan Pelajaran (PSP)
1.4 Program Rencana Pengajaran (RPP)
1.5 Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
2)
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3)
Meningkatkan penguasaan materi pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya
4) Memilih
metode yang tepat untuk menyampaikan materi
5)
Melaksanakan KBM
6)
Menganalisa hasil evaluasi KBM
7)
Mengadakan pemeriksaan, pemeliharaan, dan pengawasan ketertiban, keamanan,
kebersihan, keindahan, dan kekeluargaan
8) Melaksanakan
kegiatan penilaian (semester/tahun)
9) Meneliti
daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
10)
Membuat dan menyusun lembar kerja (Job Sheet)
11)
Melakukan dan menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
12)
Mengevaluasi dan Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing
siswa.
13)
Mengikuti perkembangan kurikulum.
14)Mengadakan
pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
15) Mengumpulkan dan
menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya, bekerja sama dengan Wakil
Kepala Sekolah
16) Membuat/
memberikan laporan kepada Kepala Sekolah secara periodik
8. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI KOORDINATOR GURU MATA PELAJARAN
1. Bertanggungjawab atas :
a. Terlaksananya
pertemuan MGMP intern sekolah minimal sebulan sekali.
b. Penyusunan program dan pengembangan MGMP mata pelajaran sejenis.
b. Penyusunan program dan pengembangan MGMP mata pelajaran sejenis.
c. Penyusunan
program pengajaran :
1. Analisis
Materi Pelajaran.
2. Program Tahunan (Prota)
3. Program Semester (Promes)
4. PSP
5. RPP
2. Program Tahunan (Prota)
3. Program Semester (Promes)
4. PSP
5. RPP
2. Mengkoordinasikan
penyusunan naskah soal Ulangan Harian.
3.
Mengkoordinir pembuatan dan mengumpulkan analisis Ulangan Harian, Rekap daya
serap dan ketuntasan belajar dan target kurikulum untuk selanjutnya diserahkan
ke bidang kurikulum.
4. Membantu
mengkoordinir Ulangan Harian dalam pelaksanaan UH,ketika mata pelajarannya
diujikan.
5.
Mengadakan monitoring Ulangan Harian pelaksanaan program perbaikan dan remidial
mata pelajaran sejenis.
6.
Mengadakan evaluasi Ulangan Umum Semester (UUS) dan KBM tiap semester.
- TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA URUSAN TATA USAHA
Kepala Tata Usaha
bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas pelaksanaan
ketatausahaan sekolah meliputi :
1)
Menyusun program tata usaha sekolah
2)
Pengelolaan keuangan sekolah
3)
Mengatur segala sesuatu yang terkait dengan penyediaan keperluan sekolah
4)
Melaksanakan penyelesaian kegiatan penggajian guru/pegawai, laporan bulanan,
rencana keperluan perlengkapan kantor/sekolah dan rencana belanja bulanan
5)
Menyusun administrasi pegawai, guru dan siswa
6)
Menginventaris seluruh data.
7)
Membukukan surat keluar dan masuk
8)
Mengajukan usulan kenaikan pangkat guru
9)
Pembinaan dan pengembangan karier pegawai tata usaha sekolah
10)
Menyusun administrasi perlengkapan sekolah
11) Menyusun
dan menyajikan data / statistik sekolah
12) Meningkatkan
dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban,
kerindangan, keindahan, dan kekeluargaan (6K).
13)
Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan Ketatausahaan secara berkala
14)
Bertanggungjawab terhadap kelancaran tugas operasional
sekolah Administrasi Personal Tata Usaha
Mengadakan
administrasi sekolah dengan sebaik-baiknya yang meliputi :
1) Progam
Kerja Kepala Sekolah
2) RAPBS
3) Kalender Pendidikan
4) Daftar
Pembagian Tugas
5) Struktur
Organisasi Sekolah
6) Jadwal
Pelajaran
7) Peraturan
Tata Tertib Guru dan Tata Usaha
8) Acara
kerja Kepala Sekolah
9) Jadwal
Guru Piket
10) Buku Piket
11) Buku
Pembinaan
12) Himpunan
Hasil supervisi
13) Buku Pengumuman
14) Buku Notula
Rapat
15) Buku Tamu
Umum dan Khusus
16) Dokumen
Pendirian sekolah
17) Daftar
hadir guru, tenaga teknis kependidikan dan tenaga tata usaha
18) Form
monitoring kegiatan 6 K di sekolah
19) Program
satuan pelajaran, perangkat KBM lainnya untuk proses belajar mengajar tatap
muka dikelas
20) Buku agenda
surat keluar / masuk
10. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI TATA USAHA – BENDAHARA
1) Menerima
RAPBS setiap awal awal tahun ajaran baru
2) Membuat
perencanaan anggaran bulanan dan tahunan
3) Mengelola
sumber dana dan pengeluarannya
4) Membuat
laporan keuangan bulanan dan tahunan
5) Membuat
usulan gaji karyawan
6) Membayarkan
gaji guru dan karyawan
11. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI TATA USAHA – PDM / PENTOR
1) Menerima
pembayaran dana SPP atau sumber lain dari siswa
2) Menyetor
dana SPP atau sumber lain ke bendahara
12. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI PUSTAKAWAN SEKOLAH
1) Perencanaan
program kerja perpustakaan
2) Pengurusan
pelaksanaan perpustakaan
3) Perencanaan
pengembangan perpustakaan
4) Pemeliharaan
dan perbaikan buku perpustakaan
5) Penyimpanan
buku-buku perpustakaan
6) Melaksanakan
inventarisai perpustakaan
7) Melayani
pemakai perpustakaan
8) Mengatur
dan menata perpustakaan
9) Menyeleksi
pembelian buku
10) Mengusahakan
pengadaan buku baru
11) Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan
12) Menjaga
dan melaksanakan kegiatan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan
kekeluargaan
13. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI LABORAN
1)
Sebagai penanggung jawab atas Laboratorium
2)
Membantu mempersiapkan ruang laboratorium
3)
Mempersiapkan ruang laboratorium
4)
Melakukan pemeliharaan dan penyimpanan alat-alat praktik
5)
Mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan praktik
6)
Mengadakan penyusunan laporan keadaan alat praktik
7)
Menerima, memeriksa dan meneliti alat-alat yang telah dikembalikan oleh guru
8)
Mengetahui kegunaan dan cara kerja setiap peralatan yang menjadiwewenangnya
9)
Melaporkan alat rusak, hilang kepada Kepala Sekolah
10) Menjaga dan
melaksanakan kegiatan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan
kekeluargaan
11) Membuka
daftar skala prioritas kebutuhan untuk kelancaran praktikum
14. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI PESURUH SEKOLAH
1)
Melaksanakan tugas kebersihan
2)
Menyediakan makan/minum untuk Kepala Sekolah dan Tamu Sekolah
3)
Meminta dan menerima tugas dari kepala sekolah
4)
Membantu menyediakan kebutuhan barang-barang yang diperlukan Kepala
Sekolah
5)
Melakukan tugas belanja makan/minum, foto copy, mengantar surat dan tugas
sejenis lainnya
6)
Mengecek ketersedian air minum, teh, gula dan kopi setiap hari.
7)
Memelihara dan menjaga barang-barang milik sekolah
15. TUGAS
POKOK DAN FUNGSI PENJAGA SEKOLAH
1) Melaksanakan
tugas pengamanan sekolah
2) Memonitor
lingkungan sekolah sebanyak 3 (tiga) kali :
2.1 Setelah bel
masuk dibunyikan, petugas berkeliling sekolah untuk
memastikan bahwa
seluruh siswa sudah masuk kelas
2.2 Setelah bel
istirahat berakhir, petugas berkeliling sekolah untuk
memastikan bahwa
seluruh siswa sudah masuk kelas
2.3 Setelah bel
pulang, petugas berkeliling sekolah untuk terakhir kali
Untuk memastikan
bahwa kondisi lingkunan sekolah aman
3) Mengawasi
dan menjaga keamanan lahan parkir sekolah
4) Memelihara
dan menjaga barang-barang milik sekolah
5) Bekerjama
dengan dinas terkait apabila ada masalah keamanan yang tidak dapat dilakukan
secara internal atau sudah terjadi perbuatan melanggar hukum